Macam-Macam Efect Pada Audio Adobe Audition
Untuk mengatur Efek yang diinginkan dapat dilakukan
dengan memilih fungsi yang tersedi pada
Menubars kemudian klik.
Contoh dibawah ini mengunakan pilihan Filters. Filter
digunakan untuk menyaring atau mengatur suara yang dikehendaki.
Untuk melakukan pemfilteran dengan cara sebagai berikut:
- Arahkan
pointer mouse ke Menu Bars
Effects
Filters
Graphic Equalizer
Selanjutnya pilih Graphic Equalizer lalu klik
Garis
Frekuensi
Garis
Phase
Gambar 55. Graphic Equalizer 10 band (1 Octave)
Pilihan yang tersedia pada Graphic Equalizer ada 10 bands (1
Octave), 20
bands (1/2 Octave) dan 30 bands (1/3 Octave)
- Amplitude
Amplitude digunakan untuk mengubah amplitudo (tingkat volume)
dari file audio atau rentang yang
dipilih.
Menu pada Amplify
1.
Amplify untuk membuat dan mendengar penyesuaian amplifikasi sebagai
pilihan melingkar.
2.
Binaural Auto-Panner berfungsi untuk menempatkan spasial audio kiri
dan kanan, dalam pola melingkar dari waktu ke waktu. Untuk menyandikan sinyal
spasial, baik saluran kiri atau kanan tertunda sehingga suara akan muncul di
setiap telinga pada waktu yang berbeda, menipu otak untuk berpikir bahwa mereka
berasal dari kedua sisi.
3.
Channel Mixer atau The Channel Mixer memungkinkan Anda untuk mengubah
kiri / keseimbangan yang tepat dari bentuk gelombang stereo. Hal ini
memungkinkan Anda membuat campuran stereo baru menggunakan hak yang ada dan
saluran kiri sebagai sumber masukan. Dengan mengkombinasikan dan membalik
saluran, Anda dapat membuat beberapa efek stereo imaging menarik.
4.
Dynamics Processing digunakan untuk merubah Dinamika prosesor
bervariasi tingkat output dari bentuk gelombang, berdasarkan tingkat input. Hal
ini memungkinkan Anda membatasi atau menekan rentang dinamik suatu sampel
sehingga dianggap kenyaringan disimpan di bawah batas yang ditetapkan, atau
supaya rentang dinamis secara keseluruhan bentuk gelombang yang disimpan di
sekitar tingkat yang sama.
5.
Envelope digunakan untuk memberi Anda kontrol atas bagian mana
dari gelombang Anda diperkuat, dan seberapa banyak. Bagian atas grafik mewakili
100% (normal) amplifikasi; bagian bawah merupakan redaman penuh
(diam). Fungsi ini berguna saat memodifikasi nada yang dihasilkan dengan Adobe
® AuditionTM, sehingga untuk membuat instrumen yang terdengar lebih realistis
dan efek.
6.
Hard Limiting digunakan untuk Membatasi memungkinkan Anda untuk
secara drastis menipis audio di atas ambang tertentu, sementara meninggalkan
semua sampel audio sendirian di bawah ambang batas.
7.
Normalize digunakan untuki menampilkan dialog Normalisasi, yang
memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat puncak yang diinginkan yang akan file
atau pilihan dibangkitkan. Bila diatur ke 100% atau 0db, normalisasi
memungkinkan Anda untuk mencapai jumlah terbesar amplifikasi yang tidak akan
menghasilkan kliping (distorsi). Semua bagian dari gelombang diperkuat
pada tingkat yang sama.
8.
Pan/Expand digunakan untuk pan, atau pergeseran, saluran tengah-tengah
gelombang stereo. Hal ini juga memungkinkan Anda memperluas atau mempersempit
pemisahan stereo kiri dan kanan saluran.
9.
Stereo Field Rotate Efek ini memungkinkan Anda untuk memutar bidang stereo
file audio.(Stereo lapangan menunjukkan di mana pada instrumen ruang atau
sumber lainnya ditempatkan dalam L / R citra suatu bentuk gelombang stereo) Ini
dilakukan dengan memanipulasi grafik Stereo Field Rotasi.
- Delay Effects
Delay Effects adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan
untuk memperkenalkan serangkaian mengulangi atau gema delayer dari sinyal
input asli pada interval secara berkala sepaced atau pengguna
didefinisikan.
Menu pada Delay Effects
1.
Chorus digunakan untuk menambah kekayaan suara dengan membuatnya terdengar
seolah beberapa suara atau instrumen yang dimainkan sekaligus. Chorus
adalah cara yang bagus untuk menambahkan tingkat "kehadiran" ke jalur
yang ada sekarang. Menggunakannya untuk memberikan efek stereo ke mono
sampel (di mana kiri dan kanan saluran yang identik), atau untuk menambah
harmoni atau "ketebalan" untuk sebuah lagu vokal. Anda juga dapat
menggunakan chorusing untuk membuat beberapa efek khusus benar-benar luar dunia
ini.
2.
Delay digunakan untuk membuat gema tunggal, serta beberapa efek
lainnya. Penundaan 35 milidetik atau lebih akan dianggap sebagai gema
diskrit, sedangkan yang jatuh dalam kisaran 15-34 milidetik dapat digunakan
untuk menciptakan sebuah paduan suara sederhana atau flanging efek. (Efek
ini tidak akan efektif sebagai paduan suara yang sebenarnya atau flanging efek
dalam menu Efek, sebagai pengaturan penundaan akan tetap dan tidak akan berubah
dari waktu ke waktu.)
3.
Dynamic Delay memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah penundaan
lebih dari panjang gelombang. Sebagai contoh, untuk lima detik pertama
dari sebuah file audio Anda dapat mengalami keterlambatan 2 milidetik, untuk 15
detik berikutnya Anda bisa mengalami keterlambatan 20 milidetik, untuk 10 detik
berikut menunda bisa di 7 milidetik, dan seterusnya.
4.
Echo Fungsi ini menambahkan serangkaian ulang, membusuk gema untuk
suara. (Untuk echo tunggal, gunakan fungsi tunda sebagai gantinya).
5.
Echo Chamber Fungsi Echo Chamber dapat mensimulasikan suasana di hampir
setiap ruangan. Pengaturan disediakan untuk menentukan ukuran ruangan
virtual Anda dan karakteristik permukaan, bersama dengan penempatan mikrofon
virtual. Jumlah gema dapat disesuaikan, sampai sekitar 25.000. Perlu diketahui
bahwa gema makin banyak untuk menghitung, semakin lama waktu yang dibutuhkan
untuk fungsi untuk menyelesaikan.
6.
Flanger Untuk menciptakan efek yang sama dengan sedikit menunda dan
pentahapan sinyal pada interval yang telah ditentukan atau acak.
7.
Full Reverb Kendali Reverb, seperti efek Reverb standar, digunakan untuk
mensimulasikan ruang akustik. Ini juga konvolusi-impuls berbasis (seperti
Reverb standar), yang berarti tidak ada dering, metalik, atau artefak lainnya terdengar
buatan. Namun, beresonansi spesifik dapat dicapai jika diinginkan (lihat
Warna).
8.
Multitap Delay dapat digambarkan sebagai kombinasi
Delay, Echo, Filter, dan efek Reverb.Sampai 10 keterlambatan unit dapat dibuat,
masing-masing dengan keterlambatan mereka sendiri, umpan balik, dan pengaturan
penyaringan.
9.
Reverb adalah efek digunakan untuk mensimulasikan ruang akustik, dan
terdiri dari refleksi awal dan gema yang begitu erat spasi bahwa mereka
dianggap sebagai suara membusuk tunggal. Reverb berbeda dari efek Echo dasar
bahwa penundaan tidak diulang pada interval teratur spasi.
10.
QuickVerb Seperti dua efek reverb lain (Kendali Reverb dan Reverb),
QuickVerb memungkinkan Anda untuk menambahkan gema untuk audio Anda untuk
mensimulasikan ruang akustik yang berbeda. Namun, karena tidak konvolusi
berbasis seperti Full Reverb dan Reverb (yang membutuhkan lebih banyak kekuatan
untuk menjalankan, sehingga meningkatkan beban pengolahan pada sistem Anda)
QuickVerb lebih cepat untuk digunakan. Ini berarti bisa diubah lebih cepat dan
efektif dalam lingkungan multitrack real-time, tanpa perlu untuk
"mengunci" efek untuk melacak.
11.
Sweeping Phaser Seperti efek Flanger, Phaser memperkenalkan sebuah fase
pergeseran-variabel menjadi sinyal split dan recombines itu, menciptakan
efek-efek khusus yang dipopulerkan oleh gitaris dari tahun 1960-an. The
Phaser Penyapuan menyapu takik atau meningkatkan filter jenis bolak-balik
tentang frekuensi pusat.
3. Filters
Filters adalah untuk memodifikasi sinyal pada konten frekuensi.
Menu pada Filters
1.
Dynamic EQ memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah pemerataan atas
panjang gelombang.
2.
FFT Filter Sifat grafis dari FFT (Fast Fourier Transform) Filter
memudahkan untuk menggambar kurva atau takik untuk menolak atau meningkatkan
frekuensi tertentu.
3.
Graphic Equalizer Dengan Graphic Equalizer, Anda dapat meningkatkan atau
memotong sinyal pada pita frekuensi tertentu, dan memiliki representasi visual
dari kurva EQ secara keseluruhan. Berbeda dengan Equalizer Parametrik, yang
Equalizer Graphic menggunakan pita frekuensi preset kontrol untuk pemerataan
frekuensi cepat dan mudah.
4.
Graphic Phase Shifter Fase ini shifter Grafika memungkinkan Anda
menyesuaikan fase gelombang dengan menambahkan titik kontrol untuk
grafik. X-axis (tepi horisontal) dari grafik langkah-langkah konten
frekuensi gelombang, sementara itu grafik sumbu y (sisi vertikal) menampilkan
derajat fase ke pergeseran, dengan nol derajat tidak mewakili pergeseran fasa.
5.
Notch Filter ini menghilangkan hingga enam pengguna didefinisikan frekuensi, di
samping telepon standar nada DTMF. Gunakan penyaring ini jika Anda ingin
menghapus band frekuensi yang sangat sempit. Misalnya, Anda dapat
menghapus 60Hz hum sementara meninggalkan semua 59Hz dan 61Hz audio tersentuh.
6.
Parametric Equalizer Parametrik digunakan untuk mengedit denda frekuensi dalam
suara. Mereka berbeda dari equalizers yang menawarkan sejumlah tertentu dari
frekuensi dan bandwidth Q (yang menentukan berapa banyak frekuensi keseluruhan
akan dilakukan oleh kontrol, satu frekuensi yang dipilih) di bahwa mereka
memberi Anda kontrol terus atas frekuensi, Q, dan pengaturan gain.
7.
Quick Filter pada dasarnya, ini adalah fungsi cepat dan mudah untuk
mengubah nada sampel Anda untuk membuatnya lebih menyenangkan telinga.
8.
Scientific Filters menyediakan high-order IIR (Infinite Impulse Response)
filter untuk lulus tepat band, band menolak (takik), atau tinggi atau low pass
filter.
- Restoration
Menu pada Restoration
1.
Click/Pop Eliminator bekerja dengan mencari anomali dalam data audio yang
dapat ditafsirkan sebagai klik atau muncul (Deteksi), dan kemudian mengganti
atau memperbaiki lokasi yang rusak (Koreksi). Jika Anda ingin membersihkan
rekaman vinyl sebelum mentransfernya ke CD atau media digital lainnya, Klik /
Pop Eliminator adalah efek untuk digunakan. Ini lebih akurat dari sekadar
memotong klik, atau mengganti data dengan garis lurus. Anda dapat memperbaiki
seluruh pilihan atau langsung menghapus satu klik jika ada yang disorot.
2.
Clip Restoration dapat menghapus kejadian kejahatan kliping dari bentuk
gelombang Anda. Hal ini dilakukan dengan benar-benar "mengisi" segmen
terpotong gelombang.
3.
Hiss Reduction secara harfiah mengukir mendesis menjengkelkan dari kaset
rekaman, album rekaman (setelah menggunakan Klik / Pop Removal), atau rekaman
mikrofon. Ini akan menghapus semua audio di semua frekuensi yang berada di
bawah ambang tertentu (yang umumnya lantai tingkat kebisingan atau mendesis).
Jika audio memiliki desis latar belakang konstan, maka yang dapat mendesis
"kebisingan gated" atau dihapus sama sekali. Setiap audio dalam pita
frekuensi lebih keras dari tingkat cutoff akan tetap tak tersentuh.
4.
Noise Reduction secara dramatis dapat mengurangi kebisingan latar belakang dan
broadband umum dengan minimal pengurangan kualitas sinyal. Hal ini juga
dapat menghapus mendesis tape, mikrofon kebisingan latar belakang, 60 siklus
dengungan, atau suara yang konstan di sepanjang durasi gelombang Anda.
- Special
Special adalah pilihan dalam menu ini dapat digunakan untuk
memperkenalkan beberapa effeck pengolahan yang baik inovatif dan liar-n-fangky.
1.
Menu pada Special
2.
Convolution adalah efek dari mengalikan setiap sampel dalam satu gelombang
atau impuls oleh sampel yang terkandung dalam bentuk gelombang lain. Dalam arti
tertentu, fitur ini menggunakan satu gelombang untuk "model" suara
dari bentuk gelombang lain. Hasilnya dapat bahwa penyaringan, bergema,
fase pergeseran, atau kombinasi dari efek tersebut. Artinya, setiap versi
disaring dari bentuk gelombang dapat bergema di setiap penundaan, setiap
beberapa kali.
3.
Distortion fungsi CoUse ini untuk menciptakan efek tersebut sebagai
pembicara mobil ditiup, mikrofon teredam, dan amp
overdrive. Bersenang-senang membuat suara audio Anda benar-benar JELEK!
(Tentu saja, it's great untuk menambahkan bulu untuk gitar menjilat untuk mendapatkan
yang "asli" suara logam berat.)
- Time/Pitch
Time / Pitch dalah Pengaruh dalam menu ini untuk digunakan
untuk mengubah waktu (diration) dan pitch (nada suara) dari file audio
atau kisaran yang dipilih.
Menu pada Time / Pitch
1.
Doppler Shifter untuk menciptakan "terbang dengan" suara
yang paling dikenal dari mobil balap oleh atau pesawat terbang. Mari kita
gunakan mobil untuk contoh kita.
2.
Pitch Bender Efek ini bervariasi yaitu pitch sumber audio dari waktu
ke waktu. Gunakan grafik untuk "menarik" tempo Anda untuk
membuat perubahan tempo halus atau efek, seperti sebuah catatan atau rekaman
mempercepat atau memperlambat.
3.
Stretch adalah Perubahan Regangkan efek pitch (frekuensi) dan / atau tempo
(durasi) dari sinyal audio. Hal ini juga dapat mengubah pitch atau tempo baik
tanpa mempengaruhi yang lain.Misalnya, Anda dapat menggunakan Peregangan untuk
transpose lagu ke tombol yang lebih tinggi, atau memperlambat sebuah bagian
bawah tanpa mengubah pitch.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar